Cari Artikel Disini...

Gempa 7.0 SR Landa Thailand, Laos, dan Myanmar

Diposting oleh Kompetensi Pembelajaran Kamis, 24 Maret 2011 Label: ,

BANGKOK, KOMPAS.com - Dua gempa berkekuatan 7.0 mengguncang Thailand bagian utara, Kamis (24/3/2011) malam. Getaran gempa dilaporkan terasa di Bangkok, Myanmar, hingga Hanoi.

Warga yang tengah berada di gedung-gedung tinggi dilaporkan langsung dievakuasi ke tempat yang aman. Namun, sejauh ini beluam ada laporan adanya kerusakan atau korban akibat getaran gempa tersebut.

Pusat gempa berada dekat Chiang Rae, di perbatasan Thailand dengan Myanmar dan Laos yang sering disebut daerah Segitiga Emas. Daerah perbukitan tersebut dikenal sebagai salah satu pusat ladang opium.
United States Geological Survey (USGS) mencatat gempa pertama terjadi pukul 20.55 WIB dengan pusat gempa 772 km utara Kota Bangkok. Gempa kedua terjadi beberapa detik kemudian dengan pusat di koordinat yang sama. Pusat gempa pertama di kedalaman 10 km sedangkan gempa kedua di kedalaman 225 km.

Awalnya USGS seperti dilansir Reuters melaporkan bahwa kedua gempa berkekuatan 7.0. Namun, tak lama kemudian, kekuatan gempa dikoreksi menjadi 6,8 dan hanya dicatat satu gempa. Tak lama kemudian terjadi gempa susulan dengan pusat yang sama berkekuatan 4,8 pada pukul 21.23 WIB.

0 komentar

Posting Komentar

bookmark
bookmark
bookmark
bookmark
bookmark
Diberdayakan oleh Blogger.

VIDEO MICRO TEACHING